-->

Mamalia Paus

Mamalia Paus

Paus adalah sebutan mamalia yang hidup di lautan anggota ordo Cetacea yang berukuran besar. Meski pada umumnya Paus dikategorikan sebagai ikan, namun telah jelas bahwa Paus merupakan mamalia air yang ciri-ciri sebagai berikut:
  • Memiliki rambut,
  • Bernafas dengan paru-paru,
  • Memiliki kelenjar susu,
  • Berdarah panas, dan
  • Memiliki jantung dengan 4 ruang.

Paus purba berevolusi pada pertengahan tempo Eocene, kira-kira 50 juta tahun yang lalu. Salah satu paus terawal yang telah punah adalah Basilosaurus yang mempunyai kepala kecil bermoncong menonjol dan bergigi. Basilosaurus mempunyai panjang 25 meter.

Fosil yang diteliti menunjukkan bahwa paus berasal dari hewan daratan berkuku seperti Mesonychid, sejenis serigala yang hidup di pesisir pantai atau Ambulocetus yang secara perlahan menghuni lautan pada pertengahan tempo Eocene sekitar 50 juta tahun yang lalu.

Kini Paus dikategorikan kedalam 2 kelompok, yaitu paus bergigi (Odontoceti) dan paus tidak bergigi (Mysticeti).

Paus Odontoceti, yakni kelompok Paus yang hanya memiliki satu lubang pernapasan dan bergigi. Kelompok Paus yang berkerabat dekat dengan lumba-lumba dan pesut ini dikenal sebagai pemangsa yang memakan ikan, sotong, dan mamalia laut.

Paus Mysticeti merupakan salah satu kelompok Paus yang tidak memiliki gigi dan memiliki 2 lubang pernafasan. Kelompok Paus Mysticeti dikenal sebagai Paus yang memiliki ukuran tubuh besar. Mereka memiliki balin, yaitu struktur yang berbentuk sikat yang berguna sebagai menyaring plankton yang menjadi makanannya.

Klasifikasi ilmiah
KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasMamalia
SubkelasEutheria
OrdoCetacea

0 Response to "Mamalia Paus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel