-->

2 Spesies Ikan Cantik Dari Genus Gramma

Gramma adalah genus ikan asli perairan tropis Samudera Atlantik barat dan Laut Karibia dari keluarga Grammatidae yang memiliki ukuran panjang tubuh antara 6 dan 10 cm (tergantung spesiesnya). Spesies-spesies ikan anggota genus Gramma memiliki warna tubuh cerah dimana pada umumnya terdapat dua warna berbeda yang mendominasi keseluruhan tubuh dari ikan yang juga dikenal dengan sebutan ikan Basslet ini.

Dari beberapa spesies anggota genus Gramma, 2 spesies ikan yaitu ikan Gramma loreto atau dikenal dengan nama Royal gramma dan Gramma melacara atau dikenal dengan nama Blackcap basslet, merupakan spesies ikan yang paling banyak di sukai oleh banyak kalangan pecinta hewan peliharaan atau penggemar ikan hias yang di koleksi atau disimpan dalam aquarium.

Spesies Gramma loreto
Spesies Gramma loreto

Gramma loreto atau Royal gramma adalah spesies ikan endemik Samudera Atlantik barat wilayah perairan Bahama, Venezuela, Lesser Antilles, Bermuda, serta perairan yang mengelilingi Amerika Tengah dan bagian utara Amerika Selatan. Ikan yang dikenal juga dengan nama Fairy basslet ini berwarna ungu dari ujung kepala hingga bagian tengah tubuhnya dan diteruskan dengan warna kuning keemasan hingga ke ekornya.

Spesies ikan yang dapat tumbuh hingga panjang 8cm ini adalah pemakan zooplankton dan krustasea. The royal gramma juga termasuk ikan yang memiliki parasit yang hidup di kulit ikan, parasit tersebut berguna untuk membersihkan permukaan tubuh mereka dari kotoran-kotoran yang menempel.

Meskipun pasangan sulit ditemukan karena perbedaan antara pria dan wanita tidak terlihat, namun mereka termasuk spesies ikan yang sangat mudah berkembang biak. Jantan biasanya lebih besar dari betina, jantan akan membangun sarang di antara bebatuan menggunakan potongan ganggang. Laki-laki kemudian akan menggiring betina ke sarangnya untuk melakukan pemijahan, induk betina akan mengeluarkan 20 hingga 100 butir telur dan akan disimpan oleh induk jantan di sarangnya. Selama masa penangkaran, perilaku ini diulang hampir setiap hari selama sebulan atau lebih. Telur sekitar 1 mm (0,04 in) dan dilengkapi dengan tonjolan kecil di atas permukaan dengan benang kecil memanjang dari mereka. Telur akan menetas dalam lima hingga tujuh hari yang pada umumnya terjadi pada malam hari.

Klasifikasi > Spesies: G. loreto > Nama binominal: Gramma loreto (Poey, 1868)...

Spesies Gramma melacara
Spesies Gramma melacara

Gramma melacara atau Basslet blackcap atau Blackcap gramma adalah spesies ikan yang menghuni terumbu di Samudera Atlantik barat tropis. Spesies ikan yang dapat tumbuh hingga 10cm (3,9 inci) ini lebih suka permukaan vertikal dengan celah-celah di mana ia bisa bersembunyi. Gramma melacara berwarna ungu dan terdapat bercak hitam pada bagian kepalanya dan hidup di kedalaman 10 hingga 180 meter (33-591 kaki) (biasanya antara 20 dan 60 meter (66 dan 197 kaki).

Gramma melacara termasuk spesies teritorial yang tidak menerima anggota lain dari spesies yang sama atau mirip (di dalam akuarium). Udang kecil juga bisa dimakan oleh ikan ini. Karena spesies ikan ini suka bersembunyi, umumnya ikan yang memakan udang kecil ini disimpan atau dipelihara di dalam akuarium dengan bebatuan dan karang.

Klasifikasi > Spesies: G. melacara > Nama binominal: Gramma melacara (J. E. Böhlke & J. E. Randall, 1963)...

Klasifikasi ilmiah
KingdomAnimalia
PhylumChordata
ClassActinopterygii
OrderPerciformes
FamilyGrammatidae
GenusGramma (Poey, 1868)
SpesiesG. loreto dan G. melacara

0 Response to "2 Spesies Ikan Cantik Dari Genus Gramma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel