-->

Udang Sentadu Penghias Lautan

Udang sentadu atau Mantis Shrimp adalah Jenis Crustacea laut yang merupakan keseluruhan anggota dari ordo Stomatopoda. Jenis udang yang salah 38 cm (15 in) yang tercatat. Jenis udang yang memiliki banyak varian warna terang pada tubuhnya ini salah satu spesiesnya dapat tumbuh hingga 38cm, namun pada umumnya ukuran rata-rata panjang tubuh dari anggota ordo Stomatopoda ini sekitar 25 hingga 30cm.

Udang Sentadu Penghias Lautan

Mantis shrimp atau udang sentadu memiliki karapas yang hanya melapisi kepala bagian belakang dan empat ruas pertama dari thorax. Jenis udang yang juga sering disebut dengan nama Belalang laut ini sebagian besar spesiesnya banyak hidup di dalam liang atau lubang.

Dalam hal mencari mangsa, udang sentadu memiliki cakar yang tergolong sangat kuat yang digunakan sebagai senjata untuk melumpuhkan mangsanya dengan cara menusuk dan memotong anggota tubuh mangsanya dengan cakar tersebut. Saking kuatnya beberapa kejadian kaca aquarium pecah akibat pukulan udang sentadu dengan menggunakan cakarnya tersebut.

Klasifikasi ilmiah
KingdomAnimalia
FilumArthropoda
SubfilumCrustacea
KelasMalacostraca
SubkelasHoplocarida
OrdoStomatopoda (Latreille, 1817)

Udang adalah binatang yang hidup diberbagai jenis perairan, mulai dari air tawar, air payau, dan air laut. Banyak crustaceae yang dikenal dengan nama udang. Dikenal sebagai udang populer, Triops longicaudatus dan Triops cancriformis secara ilmiah bukanlah udang meski pun mereka berasal dari Notostraca. Mysid Shrimp dan Mantis Shrimp atau Udang sentadu berasal dari kelas Malacostraca yang secara ilmiah merupakan anggota udang sejati meski mereka berasal dari ordo yang berbeda, dan Mysidaceae dan Stomatopoda.

0 Response to "Udang Sentadu Penghias Lautan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel