-->

Ikan Pari Hias Porcupine River Stingray

Porcupine River Stingray atau Potamotrygon histrix (hystrix) adalah spesies ikan pari sungai di keluarga Potamotrygonidae. Ikan Pari hias dari genus Potamotrygon ini ditemukan di cekungan Paraná dan sungai Paraguay, Amerika Selatan. Memiliki kemiripan, Populasi ikan pari yang berada di cekungan Rio Negro merupakan spesies yang dibedakan pada tahun 2016.

Ikan Pari Hias Porcupine River Stingray

Freshwater stingray ini memiliki bentuk tubuh cenderung bundar dan dapat tumbuh dengan lebar cakram hingga 40 cm (16 inci) dengan berat 15 kg (33 lb). Permukaan atas ditutupi dengan denticles (sisik tajam seperti gigi). Warnanya kecoklatan ringan dengan pola belang-belang, dan merah jambu di sisi perut. Seperti spesies ikan pari lainnya, letak mulut dan insang ada di bagian bawah, dan mata dan insang keluar di sisi punggung.

Spesies-spesies ikan pari dari genus ini memiliki duri berbisa di dasar ekor mereka dan sangat berbahaya bagi manusia jika terkena sengatannya. Struktur ekor ikan pari tersebut berduri hampir rata yang dapat mencapai 6 cm (2,4 in) panjangnya, dan ditutupi dengan lendir beracun, membuat serangan yang sangat menyakitkan. Oleh sebab itu penduduk yang hidup dikawasan sungai tersebut lebih waspada terhadap ikan pari dari pada ikan piranha.

Klasifikasi ilmiah
KingdomAnimalia
PhylumChordata
ClassChondrichthyes
OrderMyliobatiformes
FamilyPotamotrygonidae
GenusPotamotrygon
SpeciesP. histrix
Binomial namePotamotrygon histrix (Müller & Henle 1834)
SynonymsPotamotrygon hystrix, Trygon hystrix

Didalam Aquarium ikan pari hias Porcupine River Stingray merupakan karnivora dan membutuhkan filtrasi yang kuat karena mereka agak sensitif terhadap kondisi air (setiap lonjakan tingkat NO2 dapat membunuh mereka tanpa peringatan). Laki-laki harus lebih kecil dari betina, karena lebih agresif, dan memiliki kebiasaan menggigit betina selama proses kawin. Ikan pari jenis ini termasuk ikan pari yang banyak dipelihara oleh kalangan pecinta ikan hias aquarium.

0 Response to "Ikan Pari Hias Porcupine River Stingray"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel