-->

Ikan Hias Oscar Dan Macam Jenisnya

Ikan Oscar atau Astronotus Ocellatus adalah spesies ikan cichlid yang berasal dari Amerika selatan terutama kawasan sungai Amazone seperti Brasil, Peru, Ekuador, Kolombia, dan Guyana Prancis. Ikan yang oleh penduduk disekitar habitatnya dijadikan sebagai ikan konsumsi ini telah diperkenalkan ke wilayah lain seperti Cina, Australia, dan Amerika Serikat. Secara umum ikan oscar dikategorikan sebagai ikan hias yang dipelihara didalam aquarium, terutama di Eropa ikan oscar termasuk salah satu ikan hias terpopuler.

Ikan Oscar termasuk kedalam jajaran ikan hias terlaris dipasaran dengan harga bervarian tergantung jenis serta kualitasnya. Oleh sebab itu selain memiliki nilai ekonomi dalam bidang penjualan ikan ini tentunya mendorong para peternak ikan hias untuk membudidayakan ikan oscar yang dapat mengeluarkan sekitar 3000 butir telur dalam satu kali pemijahan ini. Di alam liar, musim kawin ikan oscar biasanya terjadi pada saat musim hujan. Usia matang induk ikan oscar sekitar usia satu tahun, dan terus bereproduksi selama 9 sampai 10 tahun.

Makanan ikan oscar adalah udang karang, cacing, dan serangga. Ikan yang pada umumnya memiliki warna dasar gelap ini dapat tumbuh hingga 45cm dengan bobot sekitar 1,6kg. Berikut macam jenis ikan oscar paling populer.


Ikan Oscar Albino
Gambar Ikan Oscar Albino

Ikan Oscar albino adalah jenis ikan hias air tawar spesies A. Ocellatus atau ikan oscar yang mengalami kelainan genetik yang membuat warna tubuhnya berwarna putih khas albino. Untuk mendapatkan keturunan ikan albino ber gen albino sangatlah sulit, begitu pun di tempat pembudidayaan yang jarang menghasilkan jenis oscar albino. Namun tidak sedikit para penggemar ikan hias menginginkan jenis ikan ini, oleh sebab itu harga dari ikan oscar jenis ini menjadi jenis ikan oscar paling mahal.


Ikan Oscar Tiger
Gambar Ikan Oscar Tiger

Ikan Oscar Tiger adalah jenis ikan hias oscar yang banyak dibudidayakan oleh para peternak ikan hias. Jenis ini memiliki beberapa varian warna terang seperti merah atau oranye yang berpadu dengan warna dasar tubuh gelap.


Ikan Oscar Wild
Gambar Ikan Oscar Wild

Ikan Oscar Wild adalah spesies ikan oscar yang hidup bebas di alam liar yang masih mempertahankan karakteristik ikan oscar asli atau bukan dari eksperimen kawin silang para peternak. Varian warna ikan oscar wild pada umumnya berbeda di tiap lokasi habitatnya. Jenis Oscar wild Argentina yang hidup di habitat wilayah Argentina, Oscar wild Brazil dari Brazil, dan lainnya memiliki varian warna yang berbeda-beda.


Ikan Oscar Veiltail
Gambar Ikan Oscar Veiltail

Ikan Oscar Veiltail adalah jenis ikan oscar hias yang memiliki sirip-sirip berukuran lebih panjang dibandingkan ikan oscar pada umumnya. Meskipun hal tersebut akibat dari kelainan genetik namun hal yang tidak wajar tersebut membuat ikan oscar yang memiliki sirip ekor dan sirip lainnya memanjang seperti bentuk selendang ini lebih menampakan khas ikan hiasnya. Ikan oscar veil tail dikenal juga dengan nama Oscar Slayer.


Klasifikasi ilmiah
KingdomAnimalia
PhylumChordata
ClassActinopterygii
OrderCichliformes
FamilyCichlidae
GenusAstronotus
SpeciesA. ocellatus
Binomial nameAstronotus ocellatus (Agassiz, 1831)
Gambar Ikan Oscar

0 Response to "Ikan Hias Oscar Dan Macam Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel