-->

Ikan Guppy Tipe Albino

Ikan Guppy Albino Tipe

Ikan Guppy atau Gupi adalah sejenis ikan kecil air tawar yang memiliki banyak varian warna tubuh dan bentuk siripnya. Ikan yang dikenal sebagai ikan suwadakar (Poecilia reticulata) ini berasal dari kawasan perairan Amerika tengah dan Amerika selatan khususnya wilayah Antillen Belanda, Trinidad dan Tobago, Guyana, Kep. Barbados, Kep. Virgin, Brazilia, dan Venezuela. Selain dikenal juga sebagai Millionfish, dibeberapa daerah di Indonesia sebutan bagi ikan yang sejenisnya banyak ditemukan selokan dan parit-parit serta perairan air tawar lainnya ini memiliki sebutan yang berbeda-beda disetiap daerah, seperti ikan seribu, ikan cere, gepi, bungkreung, klataw, cethul atau cithul, dan lainnya.

Ikan Guppy atau Gupi merupakan ikan yang sangat mudah dalam berkembang biak, dengan masa kehamilan berkisar antara 21–30 hari (tergantung kondisi air). Ikan gupi mengandung dan melahirkan anaknya (livebearers). Perbedaan antara jantan dan betina dewasa dapat dibedakan dari ukuran dan bentuk tubuhnya maupun dari dimorfisme seksual (warna). Ikan betina memiliki panjang tubuh sekitar 4–6 cm, sedangkan jantannya berukuran lebih kecil dari betina dan sekitar 2½–3 membentuk pola seperti jala atau disebut reticulata dan perut gendut berwarna putih.

Selain berkerabat dengan ikan moli dan ikan ekor-pedang, ikan yang dapat menyesuaikan hidup diberbagai kondisi perairan ini dapat berkawin silang dengan beberapa jenis ikan moli, antara ikan guppy jantan dengan ikan moli betina.

Macam jenis ikan guppy yang dibedakan dari varian warna serta bentuk sirip-siripnya tersebut terbagi kedalam beberapa tipe, seperti tipe albino, tipe bronze, tipe multicolor, tipe roundtail, dan lainnya. Namun tipe Albino memiliki keunikan tersendiri yang dibedakan dari warnanya, yaitu memiliki ciri fenotip albino resesif. Ciri ini menunjukkan mata merah dan tidak adanya melanin hitam. Berikut beberapa jenis ikan guppy tipe albino:

Albino Merah (Red Albino)Albino Merah (Red Albino)
Albino Biru (Blue Albino)Albino Biru (Blue Albino)
Albino Half Black PastelAlbino Half Black Pastel
Albino Veil TailAlbino Veil Tail
Albino Multi ColorAlbino Multi Color

Saat ini ikan guppy termasuk salah satu ikan hias yang memiliki pasar besar. Hal tersebut dimanfaatkan oleh beberapa kalangan untuk membudidayakan ikan yang banyak dijual di toko-toko atau kios penjualan ikan hias. Pada umumnya ikan yang memiliki banyak macam jenisnya ini dipelihara didalam Aquarium terutama Aquascape atau aquarium yang bertemakan tumbuh-tumbuhan hidup.

0 Response to "Ikan Guppy Tipe Albino"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel