-->

Ropefish, Snake Fish (ikan ular) atau The Reedfish

Ropefish, Snake Fish (ikan ular) atau The Reedfish

Ropefish, Snake Fish (ikan ular) atau The Reedfish adalah spesies sejenis ikan air tawar dari keluarga Polypteridae. Satu-satunya anggota spesies dari genus Erpetoichthys ini berasal dari Afrika Barat dan Tengah. Reedfish memiliki sepasang paru-paru selain insang, yang memungkinkannya untuk bertahan hidup didalam di air yang memiliki kadar oksigen rendah dan memungkinkannya untuk menghirup udara. Larva memiliki insang eksternal yang mencolok, membuat mereka menyerupai larva salamander.

Reedfish dapat tumbuh hingga mencapai panjang total maksimum sekitar 37cm atau 15 in. Ikan yang memiliki tubuh memanjang seperti belut ini mendiami air yang bergerak lambat baik air payau maupun air tawar, pada suhu 22–28°C atau 72–82°F di wilayah negara Benin, Kamerun, Nigeria dan mungkin Republik Kongo perairan Sungai Ogun hingga Sungai Chiloango. Ropefish termasuk daftar hewan terancam punah IUCN akibat hilangnya habitat mereka karena pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit, pertanian lain, penggundulan hutan, dan pembangunan kota.

Reedfish termasuk hewan yang aktif di malam hari yang memakan cacing annelid, krustasea, dan serangga. Ketika bergerak melalui air perlahan, ia cenderung menggunakan sirip dada, berubah menjadi bentuk seperti belut yang membuatnya lebih banyak penggunaan gerakan seluruh tubuh dan sirip ekor ketika bergerak cepat. Ikan yang seringkali merayap seperti ular saat mengambil makanan di darat ini juga banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan yang disimpan didalam aquarium.


Klasifikasi ilmiah
KingdomAnimalia
PhylumChordata
ClassActinopterygii
OrderPolypteriformes
FamilyPolypteridae
GenusErpetoichthys Calamoichthys (J. A. Smith, 1865)
SpeciesE. calabaricus
Binomial nameErpetoichthys calabaricus (J. A. Smith, 1865)

Cara berkembangbiak
Betina berulang kali menyimpan sejumlah kecil telur di antara sirip dubur laki-laki, tempat mereka dibuahi. Induk jantan akan menyimpan telur-telur di antara vegetasi atau menempelkannya pada tanaman dan substrat. Larva akan menetas dengan cepat (setelah 70 jam) tetapi tetap melekat pada vegetasi, burayak akan menjadi mandiri dan mulai mencari makansetelah kantung kuning telur telah dikonsumsi.

0 Response to "Ropefish, Snake Fish (ikan ular) atau The Reedfish"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel