-->

Ikan Aneh Bernama Fangtooth

Ikan Aneh Bernama Fangtooth

Fangtooth adalah ikan berikiform dari keluarga Anoplogastridae yang hidup di laut dalam. Namanya dari bahasa Yunani anoplo yang berarti "tak bersenjata" dan gaster yang berarti "perut". Dengan distribusi sirkuler di perairan tropis dan dingin, keluarga ini hanya memiliki 2 spesies dari satu genus, tanpa keluarga dekat yang diketahui.

Klasifikasi ilmiah:
Kingdom: Animalia > Phylum: Chordata > Class: Actinopterygii > Order: Beryciformes > Family: Anoplogastridae > Genus: Anoplogaster.

Spesies:
1. Anoplogaster brachycera (Kotlyar, 1986), disebut juga Shorthorn fangtooth,
2. Anoplogaster cornuta (Valenciennes, 1833), disebut juga Common fangtooth.

Meskipun ikan yang dapat tumbuh hingga panjang maksimum 16 cm ini memiliki gigi taring yang menyeramkan, namun hal tersebut tidaklah berbahaya bagi manusia. Ciri dari ikan fangtooth yaitu memiliki mata relatif kecil, tinggi di atas kepala dan seluruh kepala berwarna coklat gelap sampai hitam, jauh di bagian dalam dan semakin lebih ramping ke arah ekor. bersirip sederhana dengan ukuran kecil serta tak bertulang, sisiknya tersebut tertanam pada kulit dan mengambil bentuk lempengan tipis. Sebagai kompensasi untuk mata yang berkurang, garis rusuknya berkembang dengan baik dan muncul sebagai alur terbuka di sepanjang panggul.

Pada umumnya Fangtooth menghuni kedalaman laut antara 200 hingga 2.000 m. Mereka mungkin mengalami migrasi diel seperti yang umumnya ikan yang hidup di laut dalam. Pada siang hari ikan ini tetap berada di kedalaman laut, namun menjelang malam mereka naik ke permukaan untuk makan dan akan kembali ke kedalaman laut saat fajar.

0 Response to "Ikan Aneh Bernama Fangtooth"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel